3 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

cara-menghitung-masa-subur-wanita-agar-cepat-hamilCara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil memang harus diketahui oleh semua wanita. Dengan mengetahui masa subur, anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan supaya cepat hamil.

Masa subur adalah masa dimana sel telur sudah siap untuk dibuahi atau biasa disebut sebagai masa ovulasi. Pada saat ini sperma mempunyai masa hidup yang lebih lama dibandingkan ketika tidak masa ovulasi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur. Berikut ini 3 cara yang paling efektif untuk menghitung masa subur, supaya lebih cepat hamil.

Dengan Cara Mengetahui Catat Siklus Perbulan

Sebagian besar wanita berpikir masa subur terjadi pada hari ke 14 siklus haid. Ini memang benar adanya, tetapi hanya berlaku untuk wanita yang mempunyai siklus haid normal. Akan berbeda lagi, jika mempunyai siklus haid yang tidak normal.

tipshamil160x600Setiap wanita mempunyai siklus haid yang berbeda-beda. Ada yang 28 hari bahkan ada yang 30 hari. Jika anda termasuk wanita yang tidak normal siklus haidnya. Anda bisa menambahkan dua hari pada masa normal haid. Jadi jika masa haid anda 26 hari maka masa subur anda pada hari ke 12. Jika masa haid anda 30 hari, berarti masa subur anda pada hari ke 16.

Dengan Temperatur Tubuh

Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil bisa dengan mengetahui temperature tubuh. Ini dengan menggunakan basal body temperature (BBT). Basal body temperature merupakan temperature tubuh pada pagi hari, sebelum anda melakukan aktivitas apapun.

Biasanya suhu normal seorang wanita yang tidak dalam keadaan ovulasi adalah 35 sampai 37 derajat Celsius. Tetapi buat seorang wanita yang sedang dalam masa subur atau masa ovulsi, biasanya temperature tubuh akan naik setengah derajat dari suhu normalnya. Anda harus mencatatnya selama beberapa hari supaya hasilnya lebih maksimal.

Mengecek Lendir Serviks

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur adalah dengan mengecek lendir serviks. Untuk melakukan hal ini, anda tak perlu alat apapun. Anda cukup mengecek cairan yang keluar pada area kewanitaan anda. biasanya Ini yang menempel pada celana dalam anda. anda cukup mengeceknya dengan menggunakan tisu.

Ketika dalam masa subur bagian area kewanitaan akan licin dan berlendir lebih banyak. Hal ini dikarenakan telur sedang proses ovulasi dan menghasilkan banyak lendir. Sedangkan ketika anda selesai haid, biasanya area kewanitaan akan kering dan lendirnya berkurang. Cara menghitung masa subur agar cepat hamil ini harus dilakukan beberapa kali, supaya anda lebih mengetahuinya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek masa subur anda. anda juga bisa menggabungkan ketiga cara tersebut. Jika masih belum diketahui atau karena siklus haid anda yang tidak teratur setiap harinya, anda bisa bertanya dengan dokter kandungan anda. ini akan lebih akurat untuk mengetahui kapan masa subur anda. sekian artikel kali ini mengenai cara menghitung masa subur agar cepat hamil.

3 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil | Andri Irawan | 4.5