Bagaimana Menghitung Siklus Menstruasi Pada Wanita?

siklus-menstruasi-pada-wanitaPerkara siklus menstruasi pada wanita memang terkadang menjadi masalah. Banyak sekali wanita yang masih merasa bingung apakah siklus menstruasinya normal atau tidak. Secara umum, menstruasi biasanya akan dialami seorang remaja putri untuk pertama kalinya pada usia sekitar 9 hingga 14 tahun dan bisa terjadi kurang lebih 30 sampai 50 tahun hingga memasuki masa menopause.

Normalnya, siklus menstruasi ini akan terjadi secara rutin pada wanita di setiap bulannya, akan tetapi masih banyak sekali wanita yang belum mengetahui dengan benar cara menghitungnya. Lalu bagaimana cara menghitung siklus menstruasi pada wanita?

Cara Mudah Menghitung Siklus Menstruasi

tipshamil160x600Secara medis, menstruasi terjadi ketika lapisan dinding pada rahim menjadi tebal akibat dari kerja hormon progesteron dan estrogen. Menebalnya lapisan yang disebut dengan dengan lapisan endometrium ini disebabkan tidak adanya sel sperma yang melakukan pembuahan pada sel telur sehingga lapisan tersebut atau dinding rahim menjadi pecah atau luruh dan terjadilah menstruasi.

Hal ini terjadi pada saat pembuluh darah pada rahim juga pecah sehingga keluarlah darah menstruasi. Nah karena hal ini sangat penting, kami akan mencoba memberikan ulasan mengenai cara menghitung siklus menstruasi pada wanita berikut ini.

Untuk menghitung siklus menstruasi pada wanita secara akurat, anda harus membiasakan diri untuk menandai kalender pada tanggal menstruasi anda. Normalnya, siklus menstruasi terjadi dengan rentang waktu 21 hingga 35 hari yaitu dari hari pertama menstruasi pada bulan ini sampai hari pertama menstruasi lagi pada bulan berikutnya.

Misalnya, pada bulan januari anda menstruasi pada tanggal 10 lalu pada bulan Februari anda mulai menstruasi pada tanggal 4. Maka siklus menstruasi anda adalah 25 hari yaitu rentang waktu dari tanggal 10 Januari hingga 3 Februari dan ini termasuk siklus yang normal.

Berbeda dengan jika anda menstruasi pada tanggal 10 Januari, kemudian menstruasi lagi pada tanggal 29 Januari. Maka siklus menstruasi anda adalah 20 hari dan ini termasuk tidak normal karena siklus menstruasi pada wanita yang normal adalah 21 hingga 35 hari dan 20 hari ada di bawah rentang waktu tersebut.

Siklus menstruasi sendiri berbeda-beda pada masing-masing wanita dan Anda harus selalu menghitungnya karena siklus anda bisa berubah-ubah di setiap periodenya. Jika dalam 3 periode berturut-turut anda mengalami siklus yang tidak normal, maka anda harus waspada. Segera konsultasikan ke dokter karena bisa jadi ada masalah pada rahim anda.

Namun jika ketidak normalan tersebut terjadi tidak berturut-turut, misalnya periode 1 dan 2 tidak normal kemudian periode 3 kembali normal, maka ini bukan sebuah masalah karena hal ini bisa disebabkan hormon yang tidak seimbang. Untuk itu, perhatikan siklus anda dengan baik dan cermat setiap periodenya karena selain menghindari hal yang tidak diinginkan, siklus menstruasi pada wanita juga bisa digunakan untuk menentukan masa subur untuk hamil.


Bayi Balita Ibu Hamil Menyusui:

haid maju 10 hari - fungsi ovacare - siklus haid terpanjang - siklus haid 20 hari normalkah - pinkclips menstruasi - download haid wa - siklus haid hanya 20 hari - siklus menstruasi hanya 20 hari apakah normal - siklus menstruasi tidak sampai 20 hari - menstruasi terpanjang - mengapa masa mens hanya 20 hari? - haid pada kelinci - adakah siklus haid 20 hari - haid dengan jarak 20 hari - haid 40 hari normalkah - Guna laserin dalam hubungan intim - ciri kambing ngidam - cara pake pil kb saat ngetot - cara menghitung siklus haid pdf - Apa tanda siklus haid 20 hari - wattpad payudara membesar -
Bagaimana Menghitung Siklus Menstruasi Pada Wanita? | Andri Irawan | 4.5