Bolehlah Ibu Menyusui Minum Kopi? Simak Ulasan Berikut!

ibu-menyusui-minum-kopi-instan-hitamPada kesempatan kali ini akan membahas mengenai ibu menyusui minum kopi. Ulasan berikut ini sangat penting untuk Anda baca dan simak dengan baik. Terutama untuk kaum wanita yang akan atau sedang menyusui bayi.

Sebagai ibu tentu Anda ingin yang terbaik untuk sang buah hati Anda. Begitu juga sebaliknya, tentu Anda tidak ingin hal-hal yang buruk terjadi pada anak Anda. Terlebih lagi ketika anak Anda masih bayi, sangat rentan terhadap penyakit. Untuk itu simak ulasan berikut yang akan membahas mengenai dampak dari minum kopi bagi ibu menyusui.

Boleh Tidak Minum Kopi untuk Ibu Menyusui

Jika Anda pernah bertanya bolehkah ibu menyusui minum kopi? Maka jawabannya adalah boleh, namun dengan satu syarat. Ibu menyusui hanya boleh meminum kopi dengan porsi kecil, tidak boleh berlebihan. Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein, tidak baik untuk kesehatan.

Baik untuk ibu yang sedang menyusui ataupun untuk sang buah hati, kafein dapat membawa pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu jika ibu menyusui ingin meminum kopi sebaiknya minumlah sedikit saja agar tidak membawa pengaruh buruk untuk Anda dan bayi Anda.

Boleh tidak ibu menyusui minum kopi memang sangat dipengaruhi oleh jumlah kopi yang diminum. Seperti yang telah dijelaskan, ibu menyusui hanya boleh minum kopi dengan jumlah yang sedikit. Jika Anda mengonsumsi kopi secara berlebihan, maka efek sampingnya cukup banyak.

Mulai dari gelisah, diare dan muntah dapat dialami oleh ibu menyusui. Bagi ibu menyusui yang minum kopi berlebihan, sangat rentan mengalami gelisah, diare dan juga muntah. Jika Anda tidak ingin menderita ketiganya hanya karena minum kopi berlebihan, mulailah batasi minum kopi mulai saat ini juga.

Minum Kopi Instan untuk Ibu Menyusui

Minum kopi untuk ibu menyusui tidak hanya berpengaruh buruk bagi sang ibu, tetapi juga untuk bayi. Bayi juga akan merasa gelisah dan kurang nyaman ketika menyusu, akibatnya bayi menangis terus-menerus dan malas menyusu. Jika bayi malas menyusu, hal tersebut juga dapat memberi dampak buruk bagi ibu menyusui.

Payudara ibu menyusui menjadi tidak terstimulasi dan akhirnya produksi ASI menurun. Hal tersebut hanya akan Anda alami ketika Anda mengonsumsi kopi yang berlebihan. Jika Anda menemukan bayi Anda menangis terus-menerus dan malas menyusu, segera hentikan konsumsi kopi.

Pada dasarnya, ada banyak sekali mitos-mitos yang berkembang di masyarakat mengenai ibu menyusui. Salah satunya yaitu akibat atau dampak buruk bagi ibu menyusui yang meminum kopi. Sebenarnya, dampak buruk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan dampak dari kafein.

Kafein tidak hanya terkandung di dalam kopi saja, tetapi juga pada makanan dan minuman. Contohnya yaitu teh, minuman ringan dan juga cokelat juga mengandung kafein. Namun kandungan kafein yang terbesar adalah pada kopi, oleh sebab itu tidak masalah jika kopi diminum dalam jumlah wajar. Ulasan tersebut tentu juga sudah menjawab pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum kopi instan.

Walaupun diperbolehkan, ada baiknya jika ibu menyusui tidak meminum kopi. Minumlah kopi dalam jumlah wajar ketika Anda benar-benar menginginkannya. Jangan jadikan minum kopi sebagai kebiasaan buruk Anda yang dapat membawa pengaruh buruk pada Anda dan bayi Anda. Jika Anda benar-benar ingin minum kopi, minumlah segelas dalam sehari saja. Jangan mengonsumsi kopi lebih dari 300 mg dalam sehari. Demikian yang dapat disampaikan, semoga penjelasan mengenai ibu menyusui minum kopi ini dapat menambah wawasan Anda.

Bolehlah Ibu Menyusui Minum Kopi? Simak Ulasan Berikut! | Hasanudin | 4.5