Gerakan dan Cara serta Manfaat Senam Hamil

gerakan-cara-manfaat-senam-hamilSenam hamil merupakan hal yang penting dilakukan bagi ibu hamil. Namun untuk melakukan senam ini tidak boleh sembarang karena sangat berisiko bagi janin. Senam memang merupakan hal yang sangat bermanfaat, bahkan untuk semua orang.

Bagi ibu yang sedang hamil, senam dapat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil memerlukan daya tahan tubuh yang lebih demi menjaga kesehatan kehamilan serta mempersiapkan persalinan. Tanpa daya tahan tubuh yang cukup, kesehatan janin serta persalinan akan mengalami masalah-masalah yang tidak diharapkan.

Gerakan Senam Ibu Hamil

Lalu, bagaimana cara melakukan senam bagi ibu hamil yang aman dan bermanfaat? Untuk penjelasannya, Anda dapat menyimak uraian berikut. Ibu hamil memang sangat disarankan untuk melakukan senam ibu hamil.

Dengan begitu, ibu hamil akan memiliki tubuh yang lebih segar, lebih sehat dan juga lebih bugar. Akibatnya janin di dalam rahim tumbuh dengan sehat dan persiapan persalinan semakin maksimal. Senam ini tidak hanya bermanfaat untuk fisik ibu hamil saja tetapi juga baik untuk melatih mental ibu hamil. Selain fisik, mental memang perlu dipersiapkan demi menghadapi persalinan.

Berikut ini ada beberapa gerakan senam hamil yang dapat Anda tirukan:

1. Gerakan pertama

Gerakan yang pertama yaitu duduk bersila, letakkan tangan di depan dan posisikan tubuh untuk duduk tegak. Setelah itu, latih pernapasan Anda dengan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Lakukan senam ini sesering mungkin setiap harinya serta lakukan setiap hari.

2. Gerakan kedua

Gerakan yang kedua ini lebih sulit dibandingkan gerakan yang pertama. Jika gerakan yang pertama mengharuskan ibu hamil duduk bersila, gerakan yang kedua ini mengharuskan ibu hamil mengambil posisi merangkak. Usahakan agar lutut dan telapak tangan berada pada satu garis yang sama. Setelah itu tundukkan kepala dan angkat pinggang Anda, kemudian turunkan pinggang Anda sambil mengangkat kepala Anda. Lakukan cara senam hamil ini beberapa kali untuk melatih pernapasan Anda, lakukan secara teratur.

3. Gerakan ketiga

Gerakan yang ketiga ini perlu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak membahayakan kehamilan Anda. Duduklah di atas bantal, lalu buka kaki Anda kemudian ulurkan tangan Anda ke depan. Dorong terus tangan Anda semampunya saja, lalu gerakan kedua kaki Anda secara bergantian. Gerakkan ke kanan, ke kiri dan ke atas, lakukan secara berulang. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan lakukan beberapa menit.

Manfaat dan Kegunaan Senam untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa gerakan senam yang dapat Anda lakukan sebagai ibu hamil. Gerakan-gerakan senam tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Manfaat senam hamil antara lain yaitu dapat menghindarkan ibu hamil mengalami kegemukan, menyehatkan tubuh dan memperbaiki kualitas tidur.

Selain itu, senam tersebut juga bermanfaat untuk melatih pernapasan dan melenturkan otot-otot pinggang demi kelancaran persalinan. Oleh sebab itu, senam tersebut sangat disarankan bagi ibu hamil. Untuk hasil yang maksimal, lakukan senam secara rutin setiap harinya.

Pada dasarnya, gerakan-gerakan senam tersebut dapat dilakukan di rumah. Hanya saja sebaiknya lakukan senam ini di rumah sakit atau tempat yang sudah disediakan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan senam didampingi oleh para ahli demi keamanan Anda.

Terutama bagi Anda yang belum pernah melakukan senam untuk ibu hamil ini sebelumnya. Serta perlu Anda ingat, senam ini sebaiknya dilakukan dengan persetujuan dokter Anda. Periksa terlebih dahulu kondisi kehamilan Anda serta lakukan senam ini pada usia yang diperbolehkan. Biasanya hanya kehamilan yang sudah tua yang diperbolehkan melakukan senam hamil ini.

Gerakan dan Cara serta Manfaat Senam Hamil | Hasanudin | 4.5