Kapankah Masa Subur Wanita Untuk Hamil?

masa-subur-wanita-untuk-hamilMengetahui masa subur wanita untuk hamil memang sangat penting, karena dengan hal ini tentu akan membantu setiap pasangan untuk segera mendapatkan keturunan. Dalam hubungan pernikahan, kehamilan merupakan salah satu masa yang sangat ditunggu-tunggu karena siapa sih yang tidak mau memiliki anak? Tentu setiap pasangan, terutama mereka yang baru saja menikah akan mendambakan kehadiran sang buah hati.

Bagi anda yang telah cukup lama menikah dan belum dikaruniai seorang anak, bisa jadi hal ini dikarenakan hubungan intim anda dengan pasangan anda dilakukan pada saat yang kurang tepat atau ketika anda tidak berada pada masa subur. Ini tentu berpengaruh pada masa kehamilan. untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips menghitung masa subur pada wanita untuk anda.

Cara Mudah Menghitung Masa Subur dengan Tepat

Mungkin anda sering mendengar bahwa setelah selesai menstruasi atau haid merupakan masa subur wanita untuk hamil. Hal ini memang benar. Namun tidak selama masa haid selesai, maka setiap hari setelahnya adalah masa yang subur.

tipshamil160x600Anda harus tahu bahwa ada waktu yang lebih tepat untuk ditentukan sebagai masa subur seorang wanita untuk bisa hamil. Hal ini bisa diketahui dengan sistem kalender yaitu menghitung siklus haid bulanan si istri. Untuk itu, bagi anda para calon ibu hendaknya membiasakan untuk menandai masa haid anda di kalender. Nah, berikut cara menentukan masa subur wanita untuk hamil.

Secara umum, siklus menstruasi atau haid yang normal adalah 21 sampai 35 hari. Misalnya pada bulan Januari anda haid pada tanggal 5, kemudian pada bulan februari anda haid pada tanggal 1. Maka siklus haid anda adalah 27 hari yaitu jumlah hari dari tanggal 5 Januari sampai 1 februari tadi.

Dari siklus haid inilah kemudian anda bisa menentukan kapan ovulasi atau waktu subur anda. Dan karena setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, maka masa subur wanita untuk hamil pun berbeda-beda pula. Ini bisa kita rangkum sebagai berikut.

Jika siklus haid anda berlangsung selama 22 hari, maka ovulasi anda adalah pada hari ke-8 dan perkiraan untuk masa-masa suburnya adalah antara hari ke-7 hingga hari ke-9 setelah menstruasi atau haid anda selesai.

Jika siklus haid 23 hari, maka ovulasinya pada hari ke-9 dan perkiraan untuk masa suburnya antara hari ke-8 hingga hari ke-10. Begitu pula jika siklus haid 24 hari, maka ovulasinya hari ke-10 dan perkiraan waktu suburnya antara hari ke 9 hingga hari ke-11. Begitu seterusnya hingga siklus haid yang mencapai waktu 35 hari.

Namun jika anda memiliki siklus haid yang tidak teratur, maka anda harus memiliki catatan siklus minimal untuk 6 bulan. Cara menentukan masa suburnya, siklus haid paling pendek dikurangi 18 dan siklus haid paling lama dikurangi 11 dan hasilnya merupakan rentang dari masa subur anda. Demikian cara menentukan masa subur wanita untuk hamil dengan sistem kalender untuk anda dan semoga bermanfaat.

Bayi Balita Ibu Hamil Menyusui:

penyebab haid maju 10 hari - menstruasi maju 10 hari - haid maju 10 hari normalkah - siklus haid 26 hari normalkah - telat haid 38 hari - mens maju 10 hari - haid maju 10 hari apakah tanda hamil - telat haid 26 hari - cara mengetahui haidnya kelinci - siklus menstruasi 22 hari normalkah - normalkah haid maju - siklus haid 22 hari normalkah - tidak haid 38 hari apakah tanda hamil - suklus haid 26 - telat 38hari tanda hamil berapa bulan? - siklus 26 hari normal kah - 38 hari tidak haid - kenapa haid maju 10 - kalau ngentok 1minggu setelah haid hamil tidak? - haid maju 10 - datang bulan maju 10 hari - ciri wanita hamil saat telat haidberapa bulan - tidak haid 38 hari mungin hamil? -
Kapankah Masa Subur Wanita Untuk Hamil? | Andri Irawan | 4.5