Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

masahamil300x250 BApakah saat ini anda sedang mengali lesu dan kelelahan di saat kehamilan anda? Ketika masa kehamilan ada banyak faktor yang membuat ibu hamil mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Rasa mual yang dialami ibu hamil, mungkin akan membuatnya tidak berselera makan.

Padahal ketika mengandung, seseorang memerlukan asukan gizi yan cukup untuk dirinya dan janin dalam perutnya. Berikut ini makanan penambah darah untuk ibu hamil sehingga anda dapat memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas di tengah kehamilan anda:

Makanan Ibu Hamil untuk Menambah Darah

makanan-penambah-darah-ibu-hamil

1. Buah-buahan

Vitamin yang banyak terkandung dalam buah-buahan akan memberikin nutrisi pada tubuh sehingga dapat membantu mengatasai anemia. Bagi anda yang sedang hamil, buah-buahan sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Adapun buah yang memiliki nutrisi tinggi diantaranya adalah: apel, pisang, anggur, dan masih banyak lagi.

masahamil160x600 B2. Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang banyak mengandung serat dan akan membantu dalam proses pencernaan karena memiliki kandungan air di dalamnya. Sayuran termasuk dalam jenis makanan penambah darah untuk ibu hamil. Sayuran yang dapat membantu menambah darah itu,seperti: bayam, kol, kacang merah, brokoli, sawi, dan lain-lain.

3. Daging

Ibu hamil memerlukan asupan gizi yang lebih tinggi dari biasanya untuk menjaga tubuh agar tidak terserang anemia karena makanan yang ia makan harus dibagi dengan calon bayinya. Daging menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Daging akan menambah jumlah homoglobin atau sel darah merah dalam tubuh anda sehingga anda terbebas dari masalah anemia. Namun, konsumsilah daging secukupnya saja agar terhindar dari penumpukan kolestrol.

4. Kacang Almond

Selama ini kacang alomond dikenal sebagai makanan yang ampuh untuk kesehatan kulit sehingga banyak dicari para wanita sebagai makanan atau pun masker untuk merawat kecantikan, tapi kacang almond ini rupanya memiliki nilai lebih dan menjadi salah satu makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Dalam kacang almond tersimpan zak besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Jika anda selama ini hanya menjadikan kacang almond sebagai masker, cobalah untuk mengkonsumsinya pula demi kesehatan anda dan calon buah hati anda.

5. Sereal dan roti

Sereal dan roti berasal dari gandum yang juga kaya akan kandungan zat besi yang berperan dalam menambah darah. Makanan yang praktis dan mudah dicari ini dapat menjadi cemilan anda selama kehamilan. Jadikan sereal dan roti sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil agar tubuh anda tidak lesu dan lemas lagi karena kekurangan darah

Nah, itulah beberapa makanan penambah darah untuk ibu hamil yang dapat anda konsumsi selama kehamilan. Aturlah pola makan anda dan pastikan anda mendapat gizi yang baik agar anda dan calon bayi tetap selalu sehat. Pemilihan makan yang baik juga akan memperlancar produksi ASI anda setelah melahirkan.


Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil | Andri Irawan | 4.5