Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Baik dan Benar

posisi-tidur-ibu-hamil-muda-baikPada awal kehamilan calon ibu sebenarnya bisa tidur dengan posisi apa saja. Yang penting calon ibu merasakan kenyamanan dengan posisi tersebut. Posisi tidur ibu hamil memang boleh menggunakan posisi apa saja namun terkadang calon ibu akan merasakan hal cemas ketika kehamilannya memasuki trimester yang kedua. Namun seharusnya calon ibu tidak perlu merasa cemas karena janin yang terdapat di dalam perut tidak akan merasa kurang nyaman.

Jika Anda merasakan cemas dengan posisi tidur Anda, ada beberapa cara posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang dapat memberikan kenyamanan untuk calon ibu maupun buah hati. Sebab, janin tersebut keberadaannya akan mengapung di dalam cairan ketuban dan memiliki ruang yang dapat membuat janin bergerak bebas meskipun ibu hamil juga harus berhati-hati.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu saat Hamil Muda

Faktanya, calon ibu masih merasakan kebingungan dengan posisi tidur ibu hamil muda tersebut. Malam hari merupakan cara yang efektif untuk beristirahat terutama untuk ibu yang sedang hamil. Manfaat tidur malam bagi ibu hamil adalah untuk pembentukan kekebalan tubuh. Waktu tidur malam yang bagus yaitu 7-9 jam sehari mampu membentuk kekebalan serta menjaga kestabilan tekanan darahnya. Menjaga kestabilan tekanan darah bagi ibu hamil itu penting karena apabila tekanan darah ibu hamil tersebut rendah, ibu hamil bisa mengalami pingsan.

Sebaiknya, ibu hamil muda mengetahui informasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda ini. Di bawah ini akan dijelaskan posisi apa dan bagaimana yang cocok untuk ibu hamil muda agar merasakan kenyamanan saat beristirahat serta sang bayi memiliki rongga yang bergerak lebih luas.

Beberapa posisi tidur yang baik buat ibu hamil diantaranya:

 Posisi tidur telentang

Posisi tidur dengan telentang ini sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Namun jika usia kehamilan Anda sudah memasuki 16 minggu, posisi tidur telentang tidak dianjurkan lagi. Posisi telentang tersebut akan meletakkan semua bagian rahim ke belakang, usus dan vena besar sehingga tidak baik.

Tidur dengan posisi telentang juga akan menimbulkan risiko terkena sakit pinggang, wasir gangguan pernafasan serta pencernaan. Posisi tidur telentang untuk usia kehamilan trimester dua maupun ketiga akan mempengaruhi tekanan darah. Artinya, tekanan darah ibu hamil akan mengalami penurunan dan ibu hamil akan merasakan pusing. Nah, kesimpulannya posisi tidur telentang sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang usia kehamilannya sudah berusia 16 minggu.

 Posisi ibu hamil tengkurap

Jika Anda terbiasa dengan posisi tidur tengkurap, sebaiknya kebiasaan tersebut dihilangkan. Posisi ini untuk ibu hamil muda aman saja namun sebaiknya jangan dilakukan. Posisi tengkurap bukanlah posisi yang aman untuk ibu hamil yang usia kehamilannya sudah trimester terakhir. Sebab Anda akan terganggu dengan perut Anda yang besar, payudara dan tingkat sensitif yang tinggi membuat Anda tidak akan merasakan nyaman tidur pada posisi ini.

 Posisi tidur miring

Memang belum ada penelitian yang menyatakan bahwa posisi tidur miring sangat baik untuk ibu hamil, namun kebanyakan dokter menganjurkan bagi ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Alasannya karena bayi dapat menerima nutrisi ke plasenta sebab aliran darahnya lancar, dapat melancarkan kerja ginjal dalam membuang zat sampah yang terdapat pada ibu hamil.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang posisi tidur ibu hamil yang sudah trimester yang disarankan oleh dokter kandungan. Semoga pengetahuan ini dapat membantu Anda.

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Baik dan Benar | Hasanudin | 4.5