Tips Cara Menu Diet Sehat Ibu Menyusui yang Penting

diet-menu-sehat-ibu-menyusuiCara diet ibu menyusui memang harus berbeda, harus lebih teratur dibanding orang biasa. Sebagai ibu menyusui, Anda mungkin memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Namun perlu Anda ingat, melakukan diet ketika sedang menyusui haruslah ekstra hati-hati.

Jangan sampai hanya karena keinginan Anda untuk memiliki bentuk tubuh bagus malah membuat bayi anak tumbuh tidak sehat. ASI merupakan makanan pokok bagi bayi Anda, jangan sampai ASI yang Anda berikan tidak berkualitas. Jangan melakukan diet hanya dengan membatasi asupan makanan saja.

Cara Diet untuk Ibu Menyusui

Lakukanlah diet sehat sehingga bermanfaat untuk Anda dan tidak membahayakan kesehatan bayi Anda. Berikut ini akan disampaikan beberapa tips bagi Anda yang ingin melakukan diet untuk ibu menyusui. Tips berikut ini penting untuk Anda lakukan agar usaha diet Anda berjalan efektif tanpa mengganggu tumbuh kembang di kecil. Ini dia hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan diet ketika sedang menyusui:

1. Rajin menyusui

Sebagian ibu yang baru melahirkan memilih untuk tidak menyusui atau memberikan ASI kepada sang buah hati. Perlu Anda ketahui, menyusui malah sangat bagus bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Menyusui dapat membantu membakar kalori serta memperlancar sirkulasi darah di sekitar payudara. Menyusui sampai bayi berusia 2 tahun dapat membantu Anda memiliki tubuh yang langsing.

2. Konsumsi buah dan sayur

Cara diet ibu menyusui yang benar yaitu perbanyak konsumsi buah dan sayur. Jika Anda ingin membatasi konsumsi makanan berat seperti nasi, Anda harus menggantinya dengan buah dan sayur. Kandungan yang dimiliki buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan. Konsumsilah buah dan sayur setiap hari secara rutin, jadikan buah dan sayur sebagai makanan pokok Anda. Bahkan jadikan buah dan sayur sebagai camilan sehat Anda.

Menu Diet Sehat Ibu Menyusui

3. Tetap mengonsumsi nasi

Bagi Anda yang ingin mengganti menu diet ibu menyusui, pastikan untuk tetap mengonsumsi nasi. Anda tidak perlu menghindari nasi, Anda hanya perlu membatasi konsumsi nasi per harinya. Anda dapat mengurangi jumlah konsumsi nasi dari porsi biasanya. Namun sebaiknya konsumsi nasi dalam porsi normal untuk makan pagi dan malam hari. Sedangkan makan siang, nasi dapat Anda gantikan dengan buah dan sayur. Di siang hari, Anda dapat mengonsumsi nasi dengan porsi kecil. Gantilah nasi putih Anda dengan nasi merah yang mengandung kalori dan kolesterol yang lebih rendah.

4. Hindari makanan cepat saji

Ketika Anda sedang menyusui, sebaiknya hindari makanan-makanan instan atau makanan cepat saji. Makanan-makanan tersebut mengandung zat yang kurang atau bahkan tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya berbahaya untuk kesehatan Anda tetapi juga untuk sang buah hati. Makanan instan mengandung lemak dan kolesterol yang sangat tinggi, dapat membuat Anda semakin gemuk.

5. Lakukan olahraga

Bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal walaupun sedang menyusui, lakukanlah olahraga. Terapkanlah diet sehat ibu menyusui dengan melakukan olahraga secara rutin dan disiplin. Olahraga rutin dapat membantu membakar lemak dan kalori di dalam tubuh Anda. Untuk hasil yang efektif, lakukan olahraga secara teratur di pagi dan sore hari.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda, ketika melakukan diet tersebut pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Konsumsi air putih 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin melakukan diet ketika sedang menyusui.

Tidak ada larangan diet bagi ibu menyusui asalkan diet tersebut dilakukan secara sehat tanpa membahayakan kesehatan si kecil. Hindari melakukan diet ketat karena akan berakibat buruk bagi kesehatan bayi Anda. Demikian informasi mengenai tips diet ibu menyusui yang dapat disampaikan.


Bayi Balita Ibu Hamil Menyusui:

bolehkah ibu menyusui makan nangka - sayur bengok -
Tips Cara Menu Diet Sehat Ibu Menyusui yang Penting | Andri Irawan | 4.5